Thursday, November 13, 2008

KYMCO FREE LX

Skuter Paling Responsif

Pada kenyataannya pengendara skuter masih bisa menikmati motor yang gesit di saat menyalip karena mesin motor yang responsif. Penguji motor ini mengklaim kalau Free LX baik untuk stop and go, walaupun di tanjakan. Stop and go di jalan-jalan perkotaan terlihat sangat mudah dilakukan, termasuk menyalip kendaraan lain. Untuk pengereman, Free LX membutuhkan 2,04 detik untuk berhenti dari kecepatan 50 kpj.

Seperti sekuter lainnya, Kymco Free LX terlihat tidak praktis dalam menggunakan engkol. Untuk Skuter yang aslinya dirancang untuk kaum wanita, cenderung menggunakan starter listrik. Menyalakan mesin dengan engkol untuk wanita yang memakai rok adalah sesuatu yang sangat tidak nyaman. Fasilitas lain yang disediakan adalah lubang bensin di depan, sangat user friendly, bisa dibuka lewat kunci kontak.

Skuter ini stabil pada kecepatan tinggi, getarannya sedikit. Nilai tambah lagi, suara mesin dan knalpotnya halus, ini sangat cocok untuk pemakaian daerah perumahan. Walaupun handlingnya tergolong baik, akan tetapi suspensinya keras, jadi kenikmatan berkendara di jalanan yang rusaksangat terganggu.

Berkaitan dengan sang pembonceng, untuk mengeluarkan footstep belakang, hanya menekan tombol yang berada di dekatnya. Efeknya adalah, ketika footstep tidak digunakan, body skuternya akan terlihat ramping dan rapi. Secara garis besar, Kymco Free LX ini sangat dinamis, ada keserasian pada saringan udara dengan striping motor.

(Read this article in English)




SPESIFIKASI:


MESIN
Tipe Mesin
4-tak, SOHC, Pendingin Udara
Komposisi Silinder Tunggal
Diameter x Langkah
52,4 x 51,8 mm
Kapasitas Silinder
111,2 CC
Rasio Kompresi
9,8 : 1
Kapasitas Oli Mesin
0.80 liter
Kopling Sentrifugal Otomatis
Jenis Transmisi
Otomatis (CVT)
Sistem Starter
Engkol dan starter listrik
Accu 12V-5AH
Busi Champion PZ7HC
Sistem Pengapian CDI


SASIS
Dimensi (P x L x T) 1.835 x 610 x 1.100 mm
Sumbu Roda 1.270 mm
Jarak Terendah 135 mm
Berat Motor
100 kg
Tipe Rangka Tulang Bawah


SUSPENSI / BAN
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Kengan Ayun, Sok Tunggal
Ban Depan 90/90-12
Ban Belakang
90/90-12
Rem Depan Piringan, 2 Piston
Rem Belakang Teromol
Kapasitas Tangki Bensin 5 liter


KEMAMPUAN
Tenaga Maksimum
9,2 ps /7.500 rpm
Torsi Maksimum 0,9 kg m /6.500 rpm

No comments: