Pada kenyataannya pengendara skuter masih bisa menikmati motor yang gesit di saat menyalip karena mesin motor yang responsif. Penguji motor ini mengklaim kalau Free LX baik untuk stop and go, walaupun di tanjakan. Stop and go di jalan-jalan perkotaan terlihat sangat mudah dilakukan, termasuk menyalip kendaraan lain. Untuk pengereman, Free LX membutuhkan 2,04 detik untuk berhenti dari kecepatan 50 kpj.
Seperti sekuter lainnya, Kymco Free LX terlihat tidak praktis dalam menggunakan engkol. Untuk Skuter yang aslinya dirancang untuk kaum wanita, cenderung menggunakan starter listrik. Menyalakan mesin dengan engkol untuk wanita yang memakai rok adalah sesuatu yang sangat tidak nyaman. Fasilitas lain yang disediakan adalah lubang bensin di depan, sangat user friendly, bisa dibuka lewat kunci kontak.
Skuter ini stabil pada kecepatan tinggi, getarannya sedikit. Nilai tambah lagi, suara mesin dan knalpotnya halus, ini sangat cocok untuk pemakaian daerah perumahan. Walaupun handlingnya tergolong baik, akan tetapi suspensinya keras, jadi kenikmatan berkendara di jalanan yang rusaksangat terganggu.
Berkaitan dengan sang pembonceng, untuk mengeluarkan footstep belakang, hanya menekan tombol yang berada di dekatnya. Efeknya adalah, ketika footstep tidak digunakan, body skuternya akan terlihat ramping dan rapi. Secara garis besar, Kymco Free LX ini sangat dinamis, ada keserasian pada saringan udara dengan striping motor.
(Read this article in English)
SPESIFIKASI: | |
MESIN | |
Tipe Mesin | 4-tak, SOHC, Pendingin Udara |
Komposisi Silinder | Tunggal |
Diameter x Langkah | 52,4 x 51,8 mm |
Kapasitas Silinder | 111,2 CC |
Rasio Kompresi | 9,8 : 1 |
Kapasitas Oli Mesin | 0.80 liter |
Kopling | Sentrifugal Otomatis |
Jenis Transmisi | Otomatis (CVT) |
Sistem Starter | Engkol dan starter listrik |
Accu | 12V-5AH |
Busi | Champion PZ7HC |
Sistem Pengapian | CDI |
SASIS | |
Dimensi (P x L x T) | 1.835 x 610 x 1.100 mm |
Sumbu Roda | 1.270 mm |
Jarak Terendah | 135 mm |
Berat Motor | 100 kg |
Tipe Rangka | Tulang Bawah |
SUSPENSI / BAN | |
Suspensi Depan | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Kengan Ayun, Sok Tunggal |
Ban Depan | 90/90-12 |
Ban Belakang | 90/90-12 |
Rem Depan | Piringan, 2 Piston |
Rem Belakang | Teromol |
Kapasitas Tangki Bensin | 5 liter |
KEMAMPUAN | |
Tenaga Maksimum | 9,2 ps /7.500 rpm |
Torsi Maksimum | 0,9 kg m /6.500 rpm |
No comments:
Post a Comment