Saturday, November 15, 2008

YAMAHA Mio Sporty

Dimensi Telah Menjadi Kunci

Yamaha Mio telah cukup lama diluncurkan di Indonesia dan perubahan yang dilakukan sangat sedikit di bidang design. Ditambah lagi, Mio tidak memiliki perangkat pengaman yang layak. Bagian warna dan striping body terlihat matching, tetapi dari proses pembuatannya, pihak pabrik kurang memperhatikan secara detil. Beberapa bagian dari Mio terlihat memiliki kerenggangan yang berbeda.

Sewaktu melakukan uji jalan, Mio cukup nyaman. Jarak Kaki terlalu sempit untuk orang yang memiliki tinggi badan 180 cm, tetapi posisi berkendaranya cukup baik. Sangat cocok untuk dikendarai oleh orang dengan tinggi badan di bawah 170 cm. Di jalan yang bergelombang, Mio masih terasa stabil, masih bisa ber-manuver secara gesit. Kalau dilihat dari sisi ukurannya, Mio sebenarnya lebih kecil dari para pesaingnya, tetapi masih lebih besar ruang di daerah kakinya. Mesin Mio terdengar berisik apabila dikendarai pada kecepatan tinggi, padahal suara knalpotnya halus. Uniknya, rem bekerja dengan baik kalau pada kecepatan tinggi daripada kecepatan rendah.

Dengan rasio kompresi mesin sebesar 1:8,8, Mio memiliki masalah ketika dipacu dengan rpm tinggi. Mesinnya meraung tanpa perubahan berarti pada kecepatannya, tetapi pada rpm rendah, terbukti baik. Keuntungannya dengan rasio kompresi sebesar itu adalah, motor bisa bekerja dengan optimal walaupun memakai bensin premium. Selama tes berlangsung, Mio ini menggunakan Pertamax.

Mio adalah skuter yang imut-imut, tetapi memiliki ruang yang lega di bagian kaki pengendara dan sangatlah mudah untuk dioperasikan. Panel instrumen terlihat kuno, tetapi justru sangat mudah dibaca.



(Read this article in English)

SPESIFIKASI:


MESIN
Tipe Mesin 4-Tak, SOHC 2-katup, pendingin udara

AIS (Air Induction System) EURO 2 Ready
Dimensi x Langkah 50.0 x 57.9 mm
Volume Silinder 113.7 CC
Rasio Kompresi 8.8 : 1
Kopling Kering, Sentrifugal Otomatis
Komposisi Silinder Tunggal
Karburator NCV24x1 (Keihin)
Sistem Pengapian DC-CDI
Oli Wet Sump
Kapasitas Oli Mesin 0,9 Liter
Transmisi V-Belt Otomatis
Gigi Rasio 2.399 - 0.829
Caster / Trail 26.5 derajat/ 100 mm
Sistem Rem Depan Hidrolis Piston Tunggal
Sistem Rem Belakang Teromol


SASIS
Dimensi (P x L x T) 1,820 x 675 x 1,050 mm
Sistem Starter Kick & Elektrik
Berat Kosong 87 kg
Tipe Rangka Pipa Baja
Kapasitas Bahan Bakar 3,7 Liter
Sumbu Roda 1,240 mm
Jarak Terendah 130 mm
Tinggi Tempat Duduk 745 mm


SUSPENSI / BAN
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Teleskopik
Ukuran Ban Depan 70/90-14MC 34P
Ukuran Ban Belakang 80/90-14MC 34P


KEMAMPUAN
Daya Maksimum 6.54 Km (8.9 ps) / 8,000 rpm
Torsi Maksimum 7.84 Nm (0.88 kgf.m) / 7,000 rpm

No comments: