Yamaha Mio telah cukup lama diluncurkan di Indonesia dan perubahan yang dilakukan sangat sedikit di bidang design. Ditambah lagi, Mio tidak memiliki perangkat pengaman yang layak. Bagian warna dan striping body terlihat matching, tetapi dari proses pembuatannya, pihak pabrik kurang memperhatikan secara detil. Beberapa bagian dari Mio terlihat memiliki kerenggangan yang berbeda.
Sewaktu melakukan uji jalan, Mio cukup nyaman. Jarak Kaki terlalu sempit untuk orang yang memiliki tinggi badan 180 cm, tetapi posisi berkendaranya cukup baik. Sangat cocok untuk dikendarai oleh orang dengan tinggi badan di bawah 170 cm. Di jalan yang bergelombang, Mio masih terasa stabil, masih bisa ber-manuver secara gesit. Kalau dilihat dari sisi ukurannya, Mio sebenarnya lebih kecil dari para pesaingnya, tetapi masih lebih besar ruang di daerah kakinya. Mesin Mio terdengar berisik apabila dikendarai pada kecepatan tinggi, padahal suara knalpotnya halus. Uniknya, rem bekerja dengan baik kalau pada kecepatan tinggi daripada kecepatan rendah.
Dengan rasio kompresi mesin sebesar 1:8,8, Mio memiliki masalah ketika dipacu dengan rpm tinggi. Mesinnya meraung tanpa perubahan berarti pada kecepatannya, tetapi pada rpm rendah, terbukti baik. Keuntungannya dengan rasio kompresi sebesar itu adalah, motor bisa bekerja dengan optimal walaupun memakai bensin premium. Selama tes berlangsung, Mio ini menggunakan Pertamax.
Mio adalah skuter yang imut-imut, tetapi memiliki ruang yang lega di bagian kaki pengendara dan sangatlah mudah untuk dioperasikan. Panel instrumen terlihat kuno, tetapi justru sangat mudah dibaca.
(Read this article in English)
SPESIFIKASI:
MESIN | |
Tipe Mesin | 4-Tak, SOHC 2-katup, pendingin udara |
AIS (Air Induction System) EURO 2 Ready | |
Dimensi x Langkah | 50.0 x 57.9 mm |
Volume Silinder | 113.7 CC |
Rasio Kompresi | 8.8 : 1 |
Kopling | Kering, Sentrifugal Otomatis |
Komposisi Silinder | Tunggal |
Karburator | NCV24x1 (Keihin) |
Sistem Pengapian | DC-CDI |
Oli | Wet Sump |
Kapasitas Oli Mesin | 0,9 Liter |
Transmisi | V-Belt Otomatis |
Gigi Rasio | 2.399 - 0.829 |
Caster / Trail | 26.5 derajat/ 100 mm |
Sistem Rem Depan | Hidrolis Piston Tunggal |
Sistem Rem Belakang | Teromol |
SASIS | |
Dimensi (P x L x T) | 1,820 x 675 x 1,050 mm |
Sistem Starter | Kick & Elektrik |
Berat Kosong | 87 kg |
Tipe Rangka | Pipa Baja |
Kapasitas Bahan Bakar | 3,7 Liter |
Sumbu Roda | 1,240 mm |
Jarak Terendah | 130 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 745 mm |
SUSPENSI / BAN | |
Suspensi Depan | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Teleskopik |
Ukuran Ban Depan | 70/90-14MC 34P |
Ukuran Ban Belakang | 80/90-14MC 34P |
KEMAMPUAN | |
Daya Maksimum | 6.54 Km (8.9 ps) / 8,000 rpm |
Torsi Maksimum | 7.84 Nm (0.88 kgf.m) / 7,000 rpm |
No comments:
Post a Comment