Saturday, November 15, 2008

HONDA BEAT

Kemampuan yang Mengagumkan


Pasaran Skuter di Tanah air masih memiliki banyak peluang, kehadiran Honda Beat telah menggemparkan dunia perskuteran. Beat dengan ukurannya yang lebih kecil dari Honda Vario, sang pendahulu, sangatlah yakin akan kehadirannya. Walaupun Beat mencoba untuk melakukan terobosan dengan membuatnya terlihat sporty dengan membiarkan suspensi depan terbuka, bagaimanakah kemampuannya saat dites?

Sebelum melakukan uji jalan, setiap penguji diberikan kesempatan untuk melihat dan memberikan nilai design setiap motor. Para penguji telah sepakat bahwa Honda Beat mempunyai design yang terbaik. Design-nya sangat atraktif, walaupun kadang terlihat lucu dengan pelek racing. Posisi lampu depan, striping body, dan panel spidometer terlihat kompak.

Selama diuji jalan, seperti pesaing yang lainnya, Beat harus mampu melibas jalan tanjakan dan berkelok-kelok. Melakukan start dari jalan tanjakan, beat tergolong sempurna dengan getaran minim dan mampu bergerak dengan halus. Padahal, Penguji memutar grip gas maksimal. Ujian berat semacam ini membutuhkan banyak energi dan konsumsi bahan bakar, selama pengujian, beat mampu menempuh jarak 44,68 km untuk 1 liter bahan bakarnya. Beat adalah skuter teririt di kelasnya. Melakukan start di tanjakan didukung oleh rem tangan dan itu adalah satu-satunya fitur yang dimiliki di skuter sekelasnya.

Honda sepertinya sangat peduli dengan keselamatan pengendaranya, seperti Vario, Beat juga memiliki switch pada standar sampingnya. Ketika standar sampingnya sedang dipakai atau motornya sedang istirahat, mesinnya tidak bisa di-start, bisa memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan karena motor tak terkendali.

Beat adalah skuter kelas 110-115 cc terbaik, Beat memiliki kekurangan buat orang yang berbadan tinggi. Penguji dengan tinggi badan 180 cm menghadapi kesulitan mengendarainya, dengkulnya selalu mentok ke panel depan. Salah satu cara untuk mengakalinya, yaitu mengendarai skuter dengan duduk rada ke belakang atau berkendara dengan kaki terbuka lebar. Walaupun demikian, untuk pengendara dengan tinggi badan 170 cm, Beat masih nyaman untuk dikendarai. Tidak heran, Honda Beat menargetkan pasarnya untuk para ibu dan gadis.




(Read this article in English)


SPESIFIKASI:

MESIN
Tipe Mesin
4-Tak, SOHC, Pendingin udara & Kipas
Diameter x Langkah
50 x 55 mm
Volume Silinder 108 cc
Rasio Kompresi
9,2 : 1
Daya Maksimum
8,22 PS / 8.000 rpm
Torsi Maksimum
0,85 kgf.m / 5.500 rpm
Kapasitas Oli Mesin 0,7 Liter
Kopling Kering, Sentrifugal Otomatis
Transmisi V-Belt Otomatis


SASIS
Dimensi (P x L x T) 1.859 x 876 x 1.053 mm
Sumbu Roda 1.240 mm
Jarak Terendah 156 mm
Berat Kosong 89,3 kg
Tipe Rangka Tulang Bawah
Kapasitas Bahan Bakar 3,5 Liter


SUSPENSI / BAN
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan Ayun, Sok Tunggal
Ukuran Ban Depan 80/90 - 14 M/C 40P
Ukuran Ban Belakang 90/90 - 14 M/C 46P
Rem Depan Hidrolis Single Piston
Rem Belakang Teromol


KELISTRIKAN & PENGAPIAN
Tipe Starter Elektrik & Kick Starter
Accu NF Battery, 12 V - 3,5 Ah
Tipe Busi ND U 24 EPR9 / NGK CPR8 EA-9
Sistem Pengapian DC - CDI, Battery

No comments: